Saturday, April 21, 2007

eman si sapi

alkisah di sebuah lahan pertanian hiduplah seorang petani tua.
selain menanam padi, pak tani ini juga memelihara beberapa ekor ternak.
ada bebek,
ayam,
kambing,
dan sapi.

ada dua sapi yang dipelihara pak tani.

yang betina namanya juminten.
yang jantan namanya eman.

eman dimanfaatkan oleh pak tani untuk membantu membajak sawah.

sedangkan juminten tiap hari diperah susunya.

di suatu malam, sebelum tidur, kedua sapi ini terlibat percakapan.

juminten: >>bosen aku man, tiap hari susuku diperah.<<

eman: >>lho, itu kan udah kodrat kamu sebagai sapi betina<<
juminten: >>nah itu dia, kita bangsa sapi gak usah ngebeda-bedain kodrat sapi jantan dan betina lah!<<
eman: >>jadi harusnya gimana?<<
juminten: >>sekarang itu jamannya emansipasi wanita.<<
eman: >>halah! itu cuman berlaku buat bangsa manusia...<<
juminten: >>nggak man, aku bosen jadi sapi perah, aku ingin disamakan haknya dengan kamu, aku ingin juga membajak sawah.<<
eman: >>kamu kira enak ya ngebajak sawah...<<
juminten: >>wah, melecehkan kaum betina kamu! betina juga sanggup melakukan pekerjaan pejantan.<<
eman: >>karepmu lah!<<>
suatu malam, eman menemukan ide.

eman: >>gini aja ten, besok aku pura-pura sakit, mudah2an pak tani minta bantuan kamu untuk ngebajak sawah, karena besok emang banyak lahan yang mau dibajak.<<

juminten: >>tumben kamu pinter man, bener ya besok kamu pura-pura sakit!<<
eman: >>iya! lagian aku juga pengen istirahat. bosen ngebajak terus...<<>
dia terkulai saja di kandang.
benar saja, pak tani akhirnya memakai tenaga juminten untuk membajak sawah.
hari pertama berjalan lancar.
juminten senang sekali punya kegiatan baru.

juminten: >>tuh kan man, aku juga bisa kok ngebajak sawah!<<

eman: >>bagus lah, aku jadi bisa istirahat lebih lama lagi...<<>
tapi juminten mulai merasakan beratnya pekerjaan si eman.

juminten: >>man, kerjaan kamu melelahkan juga ya.<<

eman: >>embeeer...<<
juminten: >>besok aku cuti haid dulu ya man.<<
eman: >>lho kok?<<
juminten: >>aku kan betina, aku beda sama kamu.<<
eman: mencibir
juminten: >>ih, betina kan harus dihormati, didulukan [sampe ada istilah lady first], fisiknya beda dengan jantan,<<>
eman: >>yaudah, kamu mulai besok jadi sapi perah lagi deh!<<
juminten: manyun.

pesan moral:

emansipasi nggak hanya jadi topik hangat di hari kartini ini.tapi udah jadi topik utama tiap hari.
gak cuman di indonesia, tapi di belahan bumi manapun.
tapi yg bikin gw heran...
knapa ya, wanita itu selalu ingin disamaratakan dengan pria, tapi dalam hal berbeda mereka ingin dibedakan dengan pria.
jadi maunya apa para wanita ini...???
ingin disamakan tapi ingin dibedakan.
ingin emansipasi tapi ada tapinya...
renungin deh...

life being what it is
jangan setengah-setengah ah!

selamat hari kartini.

[v]

No comments: