Monday, January 28, 2008

the smiling general

hari ini...
bangun tidur liat tv
semua statiun tv menayangkan acara pemakaman pak harto
setelah mandi, sarapan sambil liat tv
semua stasiun tv masih menayangkan hal yang sama
pergi ke proyek, gak sengaja melirik tv di proyek
semua stasiun tv keukeuh menyiarkan hal yang sama
pulang ke rumah untuk makan siang
semua tetap sama...

barusan pikiran gw melayang ke saat gw masih kuliah dulu
pada saat meninggalnya ibu tien suharto
waktu itu gw dan beberapa temen sejurusan tinggal bersama dalam satu rumah
[apa sih istilahnya, samenleven ya? -- tapi cowok semua kok... :p]
pagi hari denger kabar di tv tentang meninggalnya ibu tien
siang, pulang kuliah naik motor, di jalan gw gak sengaja liat penjual pigura di pinggir jalan
tiba2 gw berhenti dan membeli poster foto ibu tien [tanpa pigura tentunya karena cukup mahal buat kantong mahasiswa]
sampai di rumah, gw tempelin foto itu di pintu lemari dalam kamar temen gw [kebetulan temen gw itu belum pulang, entah mampir kemana]

begitu temen gw pulang, dia marah2...

'siapa ini yg nempel foto bu tien?'

tentu gw gak ngaku dong...
alhasil semua temen gw ditanyain, dan tentu aja gak ada yg merasa.
dan ternyata...
temen gw itu beberapa hari gak berani tidur di kamarnya,
bahkan sempet juga gak pulang entah tidur dimana...

tapi gw kena batunya juga, suatu malam dia langsung tidur di kamar gw
giliran gw mau tidur, doi gak mau pindah.
akhirnya gw tidur di kamar dia, tapi emang risih juga diliatin foto orang yang udah meninggal.
dan akhirnya foto itu gw copot...

selamat jalan pak harto...

No comments: