Tuesday, January 30, 2007

a journey to india

sept 2005

gw terjebak dalam perjalanan ke kuala lumpur malaysia, seperti kata si adit [author of jomblo] dalam tips n trick nya dalam ber-backpacking, gw memilih penerbangan murah meriah, yaitu air asia, hsn-klia. berbekal satu backpack [yg lebih dari setengah isinya adalah kamera dan kawan2] dan satu tas pinggang berisi dokumen perjalanan. pagi2 dah terkantuk-kantuk di angkot menuju bandara. setelah check in dan nungguin pesawat dateng, akhirnya penumpang dipanggil utk naik pswt. gw rada heran liat org2 pada lari2, emang bakal ditinggalin sama pswt ya?

ternyata oh ternyata, seat pswt gak ada nomernya, jadi orang2 pada berebut cari seat paling nyaman. mmm... spt bis aja... dan busetnya, tempat duduknya emang mirip bis ekonomi bandung-tasikmalaya, format 3-3 dg jarak seat yg pas2an dan aisle yg super sempit. yah, namanya jg fare murah, boeing 737-200nya jd sempit bgt. dg pasrahnya gw pilih seat paling belakang dg pemikiran begini:
just in case ini pswt nyungsep, gw bakal nyungsep terakhir...:P

flight 2jam akhirnya berakhir jg, tanpa jatah makanan n minuman... [nyong! mana ada bis ekonomi dpt makan minum?]
klia ternyata jauh jg dari kuala lumpur, skitar 1,5 jam naik taksi via tol. [oia, motor di sana boleh lewat tol lho...]
dan dulu kt org, kl gak ada apa2nya dibanding jkt. tp yg gw liat lain. maju bgt, tertib dan bersih. malu gw sbg org indonesia...
di kl gw mondok di apartemen adik gw [hemat kan?].

suatu hari gw berniat ke central market buat cari oleh2. kluar dari apt, nanya ke satpam [mmm apa namanya di sana ya...? yg pasti bukan satpam deh...]. satpam bilang naik metro dari seberang jalan. sesuai dg petunjuk, gw nongkrong [sumpah! gak mirip sama yg lagi nongkrong di wc... meskipun di negeri orang, gw harus tetep jaim dong...] di halteu bis. gak lama, dateng bis butut [seperti bis kota di bdg lah], gw liat di deretan tujuannya ada tulisan central market. ya gw dg pedenya naik itu bis. setelah duduk manis di dalem bis, gw baru perhatiin ini bis, penuh dg poster2 artis india, jendela depan dihiasi bunga2, musik yg diputer jg musik india, supir dan kondektur [lbh tepat kenek] nya jg orang india, ngomongnya jg bletak-bletuk entah bahasa apa, dan astaga... penumpangnya semua org india kecuali gw...
ups... gw bukan sedang di kl, tapi di mumbai kali...
[ya tuhan... jangan sesatkan anakmu ini di india...]
tapi akhirnya gw nyampe jg ke central market kok. ternyata yg dimaksud metro oleh satpam tadi adalah bis kota yg bukan kelas ekonomi, ada tulisan metro gede tertulis di samping bis-nya. kalo td gw sabar nunggu, pasti gak nyasar ke india... di central market bnyk yg bisa dibeli, tapi gw gak beli apapun, dengan pemikiran gw mau save money utk bli oleh2 di singapore aja. [tp gw sesali kemudian bahwa souvenir di s'pore harganya ngajak miskin... :o( ].
gw lupa hr itu jalan2 kemana aja, yg pasti gw gak mau pulang pake bis india itu lagi, biar mahal, gw bela2in naik monorel... mana ada di indonesia... tapi emang dasar sial, ternyata monorel berhentinya cukup jauh dari apt adik gw, nyambung lagi deh pake taksi...

skrg gw crita soal makanan. di kl, makanan asia banyak banget.
pertama: nyobain masakan india, smua bentuknya ky kari, santen kentel, agak pedes, full rempah2, eneg...
kedua: nyoba makanan thai, lupa gw namanya, tp bukan steamboat, berharap dapet rasa yg aneh bin unik, ternyata gw dapet sayur asem...
ketiga: nyoba makanan korea, gw pesen mie, yg di gbr menunya menggugah selera, ternyata rasanya gak lain dan gak bukan persis spt indomie...
jauh2 ke kl, kok dapet makanan yg rasanya gak beda dg makanan di indo...
tp gw pernah nemuin rumah makan sunda! [di s'pore jg ada] tapi harganya itu... kagak ngajak miskin lagi, tapi kere mendadak... bayangin deh [silakan bergaya sok ngebayangin], karedok aja harganya 30ringgit [s$30 di s'pore] atau rp75rb [rp150rb di s'pore]. dan... inilah anehnya org indonesia, restoran sunda ini selalu penuh [terutama siang hari], dan yg menuh2in itu org2 indonesia jg... [woy! jauh2 ke kl kok makan karedok yg di warung laksana palingan cuma 2500perak!]
cukup sudah wisata kuliner di kl, kcewa berat deh gw...

nah, ini masalah bahasa. di kl selain org melayu, banyak juga etnis india dan chinese, mereka membaur dari yg miskin sampe yg kaya. bicara sama org malaysia, meskipun bahasanya serumpun dg bahasa kita, sering bikin gw mikir, trus udah cape2 mikir, gak ngerti juga [gw terlalu bego kali, ato emang bener kata temen gw tadi siang, gw itu ki joko bodo... gak nyambung ah!]. jadi mending ngajak ngomong bhs inggris deh drpd bhs melayu. yg etnis india punya dialek yg beda dg yg etnis chinese dan yg aseli melayu.

hari2 terakhir gw lanjutin perjalanan ke s'pore naik bis malem, lumayan murah [tp lupa berapa], cm 5jam perjalanan. ternyata di s'pore smua serba mahal, banyak barang yg pengen gw beli tapi ternyata mahal bin awis... :o(
akhirnya gak beli banyak karena dana terbatas. hanya semalem gw nginep di s'pore. karena flight pulang gw ke indo dari kl, jd gw hrs balik lg ke kl. dan yg bikin bete, ternyata tiket bis yg sama harganya hampir 3x lipat! walah... akhirnya nyobain ngompreng...
naik mrt ke klari [kalo gak salah, pokoknya sama dg nama daerah di bekasi lah], trus nyambung dg bis kota ke johor bahru, berbaur dg buruh2 pabrik yg kerja di s'pore dan tinggal di johor. dari johor barulah nerusin pake bis.

awal okt 2005
paginya langsung plg ke bdg...

what a journey...

biar lebih seru, mungkin backpacking gw selanjutnya ke india...

[v]

No comments: