Friday, February 2, 2007

alone

beberapa hari belakangan ini gw liat di berita tv, baca di koran, banyak ngebahas trans jakarta alias busway. pengoperasian busway koridor 4-7 ternyata bikin kemacetan makin parah. mungkin juga bisa maksa org utk naik busway ke kantor drpd bermacet2 naik mobil. hemat energi dan biaya tentunya. tapi entah pada pelaksanaannya nanti. knapa sih org2 gak pada pake sepeda aja? badan sehat, hemat bbm, hemat biaya, tapi gak hemat biaya makan... hehe... laper kali ngayuh speda puluhan kilometer...

tapi sudahlah, bukan itu kok yg mau gw bahas. gw mau bahas foto gw ini... [maap fotonya sedikit shake, dg slow speed [3detik] tanpa tripod pastilah ada shake, maklum namanya juga backpacking, bawa tripod = bawa kerepotan]



[alone]
[xf: exposure time 3s, f/22, iso800, focal length 28mm]

30 sept 2005
cape deeehhh... seharian keliling2 s'pore. terdamparlah gw di chinatown menjelang malem. karena udah janjian di clarke quay, dan transportasi terdekat dg bis kota. jadilah gw desek2an dg org2 yg pulang kerja di halteu. males juga dg keramaian ini [gw kan phobia keramaian]. akhirnya gw ngalah deh, biarlah org2 itu pergi duluan. sambil nunggu gw duduk di trotoar. gw liat ada sepeda tua dirante di tiang listrik. sendirian pula. menarik juga... di kota semodern s'pore masih ada org yg naik sepeda... trus gw pikir lagi emang salah ya pake sepeda?

sebuah pemandangan kontras. sepeda tua [dan butut] sendiri di tengah keramaian kota, di tengah seliweran kendaraan2 mewah. entah apa sepeda masih nyaman dikendarai di lingkungan seperti itu. hal serupa juga terjadi di negara kita. sepeda masih identik dengan kaum miskin, yang gak mampu beli kendaraan bermotor... [padahal ada lho sepeda yg harganya sama dg mobil, suwer, gw pernah liat di toko sepeda]

nah, mungkin udah banyak org nyaranin mending pake sepeda, segala hemat spt yg udah gw tulis tadi. di kota kecil sih gak masalah. tapi di kota besar? apa lingkungannya cukup nyaman untuk bersepeda? bukannya dapet badan sehat, malah paru2 bolong gara2 kbanyakan ngisep asep kendaraan...

serba salah kan? gw sendiri waktu smp selalu naik sepeda ke sekolah. meskipun jaraknya lumayan jauh, dulu gw masih enjoy aja dg kondisi jalanan. pernah juga gw bersepeda dari gunung batu ke margahayu pulang pergi! tp gw bayangin skrg kalo gw harus ulangi itu lagi, males kali... bdg skrg kan panasnya minta ampun, belom lg jalanan yang makin menggila. dan yg penting, gw yg udah item ini, bisa gosong...

sudahlah, bukan urusan gw juga kali... gw bukan pegawai dishub, apalagi gw jg bukan menhub. biar aja hata rajasa yg pusing... [emang beliau mikirin yg bginian gitu...??]

[v]

No comments: