Sunday, February 4, 2007

jakarta, ada apa denganmu?

ngenes banget liat tv hari2 belakangan ini. yg jadi berita utama pasti deh jakarta yg kena banjir.

rabu 31jan07, gw ke jkt untuk sebuah keperluan [liat posting gw yg ini http://vindhi.blogspot.com/2007/02/rush-15-hour.html]. waktu itu semua baik2 aja [kecuali masalah bajaj dan ojeg itu]. waktu pulang ke bdg, jkt mulai ujan deres banget, bahkan sampe bdg ujan terus.

besoknya gw dpt info dr tmn kalo ujan yg dari malem itu belum juga berhenti sampe sorenya! whatta rain... dan malemnya temen gw yg di ragunan sms kalo kos2an dia dah kebanjiran selutut... secepat itu air naik? besoknya gw cari info dr tmn2 gw di jkt. yg di sunter ngungsi ke kuningan [bukan kuningan jkt, tp kota kuningan], itupun keretanya delay, dan terjebak di jatinegara, entah sekarang udah nyampe belum. yg di bsd gak banjir, tapi terisolasi gak bs kemana2, jadi gak bisa kerja. yg di sudirman terjebak di kos2an, mau ngungsi ke bdg gak bs krn stuck, travel gak ada, mau ke gambir gak bs, mau ke kp rambutan jg gak bs...

ada apa sih sebenernya? katanya sih siklus 5 tahunan. nah kalo udah jadi siklus kenapa juga gak dipikirin antisipasinya? jakarta gt loh, ibukota negara, barometer pembangunan, setengah wilayahnya kerendem air... memalukan gak sih?gampang aja sih cari kambing hitam [kasian bener kambing disalahin...]. mulai dari pemerintah yg gak tanggap [termasuk korupsi2 di dalamnya], masyarakat yg buang sampah di kali, pembangunan yg gak terarah, banjir kiriman dari bogor, villa2 di puncak yg mengurangi resapan air...dsb dsb dll dll

tapi apa perlu si kambing item itu dicari2 trus kalo udah ketemu ya dilepasin lg kambingnya? yg bener kan cari solusinya, siapapun kambing hitamnya, kalo udah ketauan punya siapa tuh kambing, ya mbok ya dicoba dicari caranya supaya si kambing gak merasa bersalah lagi...

sbenernya namanya bencana siapa sih yg mau? amerika yg katanya negara hebat juga bisa kebanjiran kok... tapi manusia kan gak berdiam diri, manusia bisa cari solusi, apalagi kalo udah rutin ky banjir jkt, harusnya bisa dong dipelajari penyebabnya, dicari apa antisipasinya...

jadi inget sebuah ramalan [gw lupa siapa yg bilang / tk ramalnya siapa] katanya ibukota bakal tenggelem. sekarangkah? amit2 deh... btw, jd inget lagi nih ramalan ttg bandung taun ini. begitu mengerikan. gw males ngebayanginnya jg. mudah2an sih cuma sekedar ramalan, tp ternyata bukan cuma satu org yg memprediksi...


lho kok jadi ngebahas bandung? judulnya kan jakarta... ya, gw janji deh di postingan berikutnya gw bakal critain... [kalo gak lupa itu jg, gw kan plupa... ingetin dan doain gw supaya ada waktu nulis lg]

ih, btw, serius banget ya postingan gw kali ini... heran gw juga!

[v]

No comments: