Thursday, February 8, 2007

cilok

buat pembaca yg tinggal di bdg, ato minimal pernah tinggal di bdg, pasti tau apa itu cilok.
cilok itu singkatan dari aci dicolok.
jenis jajanan anak2 berbentuk spt bakso, terbuat dari tepung tapioka / kanji yg dlm bahasa sunda namanya aci.
nah si aci itu 2 ato 3 biji ditusuk pake tusuk sate pendek, dikasih bumbu kacang dan kecap...
mmm :9
meskipun kurang bergizi, tapi buat anak kecil [dan sebagian orang dewasa] makanan ini jd makanan favorit pada masanya [waktu jaman gw masih muda gt...].
cukup jelas kan dg definisi cilok?
nah sekarang gw lanjutin cerita gw.

hari minggu lalu gw ketemu temen lama.
akhirnya kita crita2 deh.
tentang masa lalu dan masa sekarang.
sampe akhirnya gw cerita tentang kerjaan gw.
temen: "wah hebat lu vin, kerjaan lu udah nyampe seluruh indonesia, malah sampe singapura... pasti sering cilok ya...?"

perlu gw jelasin disini, temen gw bukan bermaksud bilang kalo gw sering makan cilok di s'pore.
salah besar!
cilok yg dimaksud temen gw itu gak lain dan gak bukan singkatan dari CInta LOKasi!

gw: "waks... emang gw cowok apaan, begitu mudahnya terlibat cilok..." agak ngambek gw jawabnya "kenapa sih lu kok beranggapan gitu?"
temen: "biasa lah... kontraktor... tiap lokasi proyek pasti ada cewek yg nyantol..."

idih...
kurang ajar bener...
siapa jg yg jadi kontraktor...
gw mah konsultan selisih!
apaan tuh konsultan selisih?
ya gitu deh...
hidup gw dari selisih harga jual proyek dan biaya produksi
[heh! apa bedanya dg tukang dagang kalo gt...].
prinsipnya sih sama...

oke, back to the line, meskipun hasil kerja gw dah nyampe aceh, nyampe manado, gw belum pernah tuh ke sana...
yup!
kebanyakan proyek luar pulau gw dikerjain di bdg, trus dikirim ksana, fitting out oleh org2 sana jg.
lebih hemat utk client.
jadi kesimpulannya, gimana mungkin gw kecantol sama cewek aceh atau manado kalo gw belum pernah kesana?

kecuali rekan kerja gw, si kopet.
kalo ada kesempatan, doi pasti deh kenalan sama cewek2.
yg terakhir nih, kemaren kita lagi di proyek griya indosat padalarang.
dengan alesan mau nungguin di depan bisi yg ngirim pasir dateng, ternyata dia kenalan sama 2 cewek customer service...
bravo!

meskipun pada akhirnya gw juga nimbrung dan ikut kenalan...
[hehehe... cowok juga manusia... normal pula!]
tapi apa itu layak disebut cilok?

ingat! disini tidak melibatkan kata CINTA!

tapi yg namanya cilok emang gampang terjadi...
dan ini terjadi pada pegawai gw! [sebut aja namanya daus]
proyek di subang, daus punya pacar...
padahal daus udah punya istri lho...
terakhir proyek di sentul, daus punya pacar baru lagi, sampe akhirnya hp dia 'ditilang' sang istri karena sering terima sms dari pacar barunya...
[mmm... mirip lagu sms ya kasusnya...]
puncaknya terjadi minggu lalu, pengawas lapangan gw terima sms dari istrinya daus, isinya gini:
pak, tolong bilangin ke kang daus, pacarnya sms, katanya minta ditengokin karena lagi sakit. nuhun.

denger cerita itu gw ketawa miris...
lucu...
tragis...
kenapa ya masih ada org yg mengangap remeh lembaga perkawinan?
gw yakin si daus awalnya cuman main2, mungkin karena harus berpisah dg istrinya demi kerjaan, utk ngisi waktu, iseng2 kenalan dst dst...
gw ikut andil gak ya dari kemelut ini?

jadi... ati2 ya para pembaca yg jauh dari pacarnya,
dari istrinya,
dari suaminya...
cilok sangat mudah terjadi...
sangat mungkin terjadi...
meski awalnya cuman pelampiasan...
kalo kelepasan bisa berabe...
ayo, ayo! perketat pengawasan...!!!

pelajaran hari ini:
cilok yg enak adalah yg dibeli bukan dari tukang cilok, tapi dari tukang baso tahu. suwer! waktu masih kecil emang begitu adanya. tapi sekarang mana ada tukang baso tahu jualan cilok...

[v]

No comments: